Minggu, 03 Juli 2011

KAYA dan MEWAH, PADI dan RUMPUT

Di sebuah pertemuan pada 27 Juni 2011, saya bersama rombongan makan siang di Hawker Food Terminal Ferry International Batam Center. Hawker Food adalah sebuah restoran Halal Food.

Pada perbincangan itu saya mendapat 2 hikmah :

Kita boleh KAYA tapi tidak boleh MEWAH.
Artinya dalam hidup ini boleh mencari harta sebanyak-banyaknya namun dalam "mengalokasikan" harta tersebut kita tidak boleh bermewah-mewah. Jika kita ingin membeli barang, tanyakan terlebih dahulu "barang ini saya BUTUHKAN ataukah saya INGINKAN ?" Kalau jawabannya "saya butuhkan" maka semahal apapun harga barang tersebut WAJIB kita beli. Namun kalau jawabannya "saya inginkan" maka semurah apapun harga barang tersebut TIDAK WAJIB kita beli.
Kaya YES, mewah NO.

Jika kita menanam PADI maka yang akan tumbuh selain padi juga RUMPUT
Tapi jika kita menanam RUMPUT maka kita tidak akan mendapat PADI.
Jika kita berbuat baik, maka ada kemungkinan ada yang tidak suka pada kita.
Tapi jika kita melakukan hal buruk, maka tidak akan ada orang yang suka pada kita.


Maka, silahkan kita menjadi KAYA namun jangan MEWAH...sesuaikan dengan KEBUTUHAN
dan senantiasalah BERBUAT BAIK walaupun ADA ORANG YANG TIDAK MENYUKAI.

Salam Sukses

Cahyo Budi Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar