Minggu, 15 Agustus 2010

Fushishilat (41)

Ayat 9
"Katakanlah, "Pantaskah kamu ingkar kepada Tuhan yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan pula sekutu-sekutu bagi-Nya ? Itulah Tuhan seluruh alam"

Ayat 10
"Dan Dia ciptakan padanya (gunung-gunung yang kokoh diatasnya. Dan kemudian Dia berkahi, dan Dia tentukan makanan-makanan (bagi penghuni)nya dalam empat masa, memadai untuk (memenuhi kebutuhan) mereka yang memerlukan."

Asbabun Nuzul ayat 9-10
Ibnu 'Abbas menjelaskan, bahwa kedua ayat ini diturunkan berkenaan dengan penjelasan Rasulullah ketika segolongan Yahudi menemui beliau dan mengajukan pertanyaan penciptaan langit dan bumi. "Allah menciptakan bumi pada hari Ahad dan Senin, menciptakan gunung pada hari Selasa, dan menciptakan pepohonan, air dan tumbuhan pada hari Rabu". (HR Ibnu Jabir)

Ayat 11
Kemudian Dia menuju ke langit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman, "Datanglah kamu berdua menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa." Keduanya menjawab, "Kami datang dengan patuh".

Ayat 12
"Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui."

Asbabun Nuzul ayat 11-12
Ibnu 'Abbas menerangkan, bahwa kedua ayat ini diturunkan berkenaan dengan penjelasan kembali -setelah QS 41 : 9-10 diturunkan- kepada segolongan Yahudi, "Allah menciptakan langit pada hari Kamis, menciptakan matahari, bulan, bintang dan para malaikat ada awal hari Jum'at. Pada hari Jum'at pula, Allah menciptakan Adam, menempatkannya di surga, dan memerintahkan iblis agar bersujud kepada Adam". (HR Ibnu Jahir)

Cahyo Budi Santoso
6 Ramadhan 1431/8 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar